Tips Memilih Nama Bayi dan Beberapa Contoh Nama Bayi

Salah satu kewajiban anda sebagai orang tua untuk bayinya yang baru lahir adalah segera memberikan nama bagi bayi tersebut. Dalam hal ini orangtua mempunyai kewajiban untuk mencari dan memberikan nama yang baik untuk anaknya. Salah satu tujuan orangtua harus memberikan nama yang baik untuk anaknya adalah agar sebuah nama itu menjadi doa. Karena sebuah nama yang baik tentunya syarat dengan makna yang baik juga. Sehingga ketika sebuah nama yang baik itu diberikan kepada bayinya maka harapan orangtua ini agar anaknya itu berperilaku atau bersikap sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya. Tujuan dari pemberian nama bayi yang baik juga adalah karena nama ini adalah lambang identitas diri seseorang. Berikut tips memilih nama bayi dan beberapa contoh nama bayi :

1. Memiliki Arti Atau Makna Yang Dalam
Banyak nama bayi yang diambil dari berbagai bahasa yang memiliki makna yang cukup dalam atau sebaliknya, bahkan mungkin nama tersebut tidak memiliki arti sama sekali. Sehingga jika anda menemukan sebuah nama yang indah didengar, tetapi tidak memiliki arti apapun atau memiliki arti yang jelek, tentunya anda akan mencari nama lain yang lebih bermakna serta memiliki arti yang baik. Maka dari itu, pilihlah nama yang memilik arti yang baik, karena bagaimanapun nama adalah doa dan harapan orangtua terhadap anaknya.

2. Agama
Banyak orangtua yang memberikan nama kepada bayinya yang sesuai dengan agamanya masing-masing. Karena mereka mengambil nama-nama bayi dari kitab sucinya masing-masing, atau nama dari tokoh-tokoh agamanya seperti para nabi, para pejuang, ilmuwan, dan lain sebagainya. Misalnya sebagai seorang Muslim, tentunya akan memberikan nama yang berbau Islami pada anaknya.

3. Memiliki Kesan
Dalam hal ini, anda sebagai orangtua harus memilih nama bayi yang bisa menimbulkan kesan yang baik serta mudah untuk diingat dan diucapkan. Jangan sampai anda memilih nama bayi yang memiliki kesan kurang baik serta sangat sulit untuk diingat dan diucapkan.

4. Sesuaikan Dengan Jenis Kelamin
Kadang perbedaan nama antar gender itu sangatlah tipis, dimana ada beberapa nama di masyarakat yang bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Seperti nama Dian, nama Dian ini bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih nama yang memang sesuai dengan jenis kelaminnya masing-masing. Bayi laki-laki beri nama laki-laki, dan bayi perempuan beri nama perempuan.

5. Mencari Referensi
Untuk mencari nama-nama yang baik bagi bayi, anda bisa mencari referensinya seperti melihat di internet, di majalah, atau bertanya kepada teman-teman dan saudara.

Setelah anda mempersiapkan mengetahui tips memilih nama bayi, langkah selanjutnya adalah mencari nama bagi bayi tersebut. Berikut beberapa nama bayi yang bisa menjadi referensi bagi anda.

Beberapa Contoh Nama Bayi

* Arjuna
Seorang bayi laki laki yang diberi nama Arjuna diharapkan agar menjadi sosok yang tampan dan menarik seperi Arjuna. Karena Arjuna itu mempunyai arti seseorang yang berkulit putih. Arjuna merupakan ksatria sehingga diharapkan bayi laki laki ini juga akan menjadi sosok laki laki yang gagah dan kuat seperti ksatria.

* Anandhia
Anandhia juga nama sansekerta yang sudah banyak digunakan orangtua untuk bayi perempuannya. Anandhia ini mempunyai arti tidak bersalah. Sehingga anak perempuan yang menyandang nama ini diharapkan agar menjadi sosok yang selalu berperilaku baik yang bisa menyebabkan dirinya tidak melakukan sebuah kesalahan didalam kehidupannya.

Itulah tips memilih nama bagi bayi dan beberapa contoh nama bayi. Semoga dengan informasi ini bermanfaat khususnya bagi para orang tua yang akan memberikan nama untuk bayinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *