Review: WatchPhone A6

Horeee… Dipinjemin WatchPhone A6 oleh aunty Lia. Thanks a bunch yaaaaaa… Jadinya diriku bisa nyobain dulu sebelum mutusin beli kid smartwatch atau nggak buat princess.

Yuk mareee… 😉

DESAIN

Katanya, isi paket cuman WatchPhone A6, converter charger, kabel USB, dan Quick User Guide + Pedoman Pemakaian A6.

Namanya aja smart WATCH, ya bentuknya tentu aja berupa jam tangan anak-anak.

Secara keseluruhan, dimensinya imut, begitu pun bobotnya ringan.

Tali jam berbahan karet, menyatu dengan bodi jam.

Bodi jam berbahan plastik, pewarnaan solid dan polos. Pilihan warnanya cerah, yaitu biru, pink, atau hijau.

Layar jam berbentuk hati, kira-kira 0.66 inch, bahan OLED.

Di atas layar ada mic, di bawah layar ada speaker.

Ada 4 tombol di sekeliling bodi jam: 2 di kiri untuk nelepon SOS (atas) dan power (bawah), 2 di kanan untuk nelepon Mom (atas) dan Dad (bawah).

Bagian dalam, ada cover yang kalau dibuka akan menampakkan slot SIM card ukuran micro SIM. Cuma satu slot. Ini bisa dipasangi kartu dari operator mana pun.

Untuk ngecas, ada dock (titik 4). Di seberangnya ada sensor removal. Dock ini magnetik, jadi gak bakal salah pasang converter charger.

Cara ngecas, tinggal tempel converter charger + kabel ke dock. Lalu colokkan kabel + adaptor charger ke sumber listrik.

Karena cuman 300 mAh, pengisian cukup cepat. Sementara daya tahan bisa sehari setengah kalo ngga banyak dipakai telponan.

Oya, katanya bersertifikasi IP54. Yang artinya cukup aman dari cipratan air. Tapi tetep gak boleh terendam.

FUNGSI

Menurut penjualnya, ada 3 fungsi utama, yaitu jam, telepon, dan tracker.

Menyetel tracker dan telepon dilakukan lewat aplikasi Aibeile. Ini ada di Google Play Store maupun Apple Store. Gratis. Lebih detil bisa baca di sini.

Tracker ini penting untuk ketenangan hati ortu :D. Akurasinya pun termasuk bagus, mengingat teknologi yang dipakainya.

Untuk nelpon, tinggal pencet tahan tombol SOS, Mom, atau Dad yang udah disetel sebelumnya dari aplikasi. Untuk nerima telpon, tinggal pencet tombol SOS, atau pencet Power untuk nolak.

Sebagai jam, tentu saja bisa nampilin waktu.

KINERJA

Pengoperasian WatchPhone A6 rasanya mudah. Masang SIM card sampai ngenalin fungsi tombol bisa cepat meski belum baca manualnya. Tapi emang lebih baik baca dulu quick guide supaya gak salah setel. 😀

Anak 4-5 tahun pun gampang makainya karena hanya perlu tau mana tombol untuk nelpon darurat (SOS), ibu (Mom), dan ayah (Dad).

Jam otomatis ngikutin jam server, jadi gak perlu disetel. Berupa angka digital, dan ukurannya besar, jadi anak yang baru belajar tentang waktu pun mudah ngerti dan gampang ngeliat.

Soal tracker, akurasinya termasuk bagus. Tapi tetep ya jangan berharap seakurat jam pelacaknya James Bond. Hihihi.

Ketika ditelpon, suara penelpon terdengar jelas. Begitu pun sebaliknya, ketika nelpon, suara didengar jelas oleh lawan bicara. Memang kurang nyaring kalo situasi sekitarnya rame, tapi gak perlu sampe teriak.

KOMPETITOR

Untuk kid smartwatch, kompetitor terdekat WatchPhone A6 agaknya adalah Bipbip Watch generasi 2. Kalau mau liat perbandingan spesifikasinya, cek di Bipbip Watch 2 vs WatchPhone A6.

Di ritel sih sendiri sih rasanya masih gampang ya dapetin Bipbip Watch generasi pertama atau Evercoss J1. Harganya pun udah jauh merosot.

Tinggal pilih aja mana yang lebih cucok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *