5 Tips Supaya Anak Bisa Tidur Nyenyak

Menjadi dambaan setiap orangtua jika bayinya dapat tidur dengan nyenyak. Tetapi bukan hal yang mudah untuk mewujudkan keinginan setiap orangtua supaya anaknya bisa tertidur dengan nyenyak. Pasalnya bayi akan belajar dari lingkungannya. Oleh karena itu setiap orangtua perlu untuk membentuk pola tidur si kecil supaya bayinya dapat tertidur dengan nyenyak secara bertahap, sehingga pada saat si kecil menginjak usia 2 bulan atau lebih, dirinya akan memiliki pola tidur yang lebih teratur. Jika pola tidur si kecil sudah teratur maka pastinya dirinya tidak akan mudah terbangun sehingga bayi akan tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Dengan kata lain akan lebih berkualitasnya tidur si kecil. Lalu bagaimana cara membuat anak supaya bisa tidur nyenyak?

Berikut 5 tips supaya anak bisa tidur nyenyak, di antaranya yaitu :

1. Mengatur Jadwal Menyusu

Supaya anak tidur nyenyak maka sebaiknya ibu mensiasati jadwal menyusui dengan tepat. Sebaiknya ibu menyusui si kecil sebelum dirinya tidur dan pada saat bangun tidur, sehingga pada saat bayi sedang tidur akan lelap dan tidak akan sering terbangun karena bayi tidak merasa lapar. Dan yang perlu diingat adalah sebaiknya ibu tidak mudah membangunkan bayi yang sedang tertidur pulas hanya untuk menyusuinya saja.

2. Mengenali Tanda Mengantuk

Pada saat bayi merasakan tubuhnya telah lelah maka akan ditandai dengan mengantuk. Biasanya pada saat bayi sudah mengantuk akan ditandai dengan menggosok-gosok mata, mengisap-isap jari, menguap, atau bahkan akan menangis dan rewel. Jika tanda-tanda tersebut muncul maka bayi sebaiknya segera ditidurkan. Kondisi yang seperti ini pastinya akan sangat menguntungkan bayi karena akan tidur lebih awal dan tidak rewel.

3. Mengatur Penerangan Supaya Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Supaya bayi bisa belajar untuk membedakan antara waktu siang dan malam, maka pada saat malam hari lampu kamar sebaiknya diredupkan. Kondisi ini nantinya akan membantu bayi untuk memiliki pola tidur yang teratur. Bayi akan mudah terlelap di dalam kamar dalam pencahayaan yang redup. Selain itu juga akan menyebabkan meningkatnya produksi hormon melatonin. Hormon ini selain akan bermanfaat untuk kekebalan tubuh tetapi juga akan membantu bayi untuk tertidur lelap.

4. Mengatur Suhu Ruangan

Supaya bayi tidurnya nyaman maka sebelum si kecil tidur pastikan suhu udara kamar tidurnya pas. Atur suhu di kamar secara tepat artinya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Jika ibu menggunakan pendingin ruangan maka atur suhunya kurang lebih 26 derajat Celsius.

5. Menciptakan Ritual Tidur

Supaya bayi dapat tertidur dengan pulas maka ada baiknya ibu menciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk si kecil seperti dengan membacakan buku cerita atau juga mengelus-elus kepalanya. Sebelum bayi tidur berikan pijatan pada tubuh bayi secara lembut, hal ini akan membuat bayi merasa nyaman dan akan membantunya dapat tertidur dengan lelap. Supaya gerakan tangan lancar pada saat memijat tubuh bayi, maka sebaiknya gunakan minyak khusus pijat bayi yang umumnya sekaligus akan berfungsi sebagai penghangat. Minyak tersebut digosokkan ke area kepala hingga leher secara lembut.

6. Sebelum Tidur Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Sebelum tidur maka sebaiknya badan bayi dibersihkan terlebih dahulu atau diseka dengan air hangat, sehingga tubuh bayi tidak akan lengket. Biasanya bayi akan tertidur dengan pulas setelah mandi. Pasalnya akan lancarnya sirkulasi dan aliran darah karena adanya rasa hangat.

Selain itu masih ada tips lain supaya bayi tidur lelap yaitu menggunakan pakaian yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *